PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI TERHADAP MAKNA PRAKTIKUM SEBAGAI MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU

Diniyati, Diniyati and Alfian, Alfian and Isnaini, Vandri Ahmad (2020) PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI TERHADAP MAKNA PRAKTIKUM SEBAGAI MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Persepsi Mahasiswa Program Studi Tadris Biologi Terhadap Makna Praktikum Sebagai Model Pengembangan Kompetensi Guru)
Skripsi Diniyati.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Tadris Biologi di UIN STS Jambi terhadap makna praktikum sebagai model pengembangan kompetensi guru dan untuk mengetahui komponen kompetensi profesional apa yang dapat di kembangkan melalui kegiatan praktikum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif, menggunakan metode deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 30 responden yaitu mahasiswa PPL semester VII (tujuh) tahun ajaran 2016/2017. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket. Data yang diperoleh secara deskriptif. Hasil penelitian yang di lakukan pada persepsi mahasiswa Program Studi Tadris Biologi di UIN STS Jambi terhadap makna praktikum sebagai model pengembangan kompetensi guru di peroleh skor sebesar 84,46% dengan kriteria sangat berhasil dan keenam komponen kompetensi professional yang digunakan dalam penelitian ini juga berkriteria sangat berhasil. Kompetensi penguasaan bahan ajar sebesar 89,33%, kompetensi pengelolaan program pembelajaran 82,50%, kompetensi pengelolaan kelas 78,66%, kompetensi penggunaan media 87,16%, kompetensi interaksi pembelajaran 81,16% dan yang terakhir kompetensi prinsip penilaian 87,5%. Maka penulis menyimpulkan bahwa makna praktikum merupakan model pengembangan yang sangat cocok untuk digunakan dalam mengembangkan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Persepsi, Praktikum, Mahasiswa, Kompetensi guru
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:25
Last Modified: 11 Nov 2020 04:25
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item