PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AN-NUR TANGKIT

Astuti, Yayuk Sri Dwi and El Hilali, Husni and Yuliani Sundara, Vinny (2020) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AN-NUR TANGKIT. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren An-Nur Tangkit)
Skripsi Yayuk Sri Dwi Astuti TM161390.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh komunikasi interpersonal antara guru dan siswa terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren An-Nur Tangkit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survey dengan analisis regresi yaituregresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah An-Nur Tangkit yang memiliki minat belajar matematika rendah yang terdiri dari 2 kelasdengan jumlah siswa 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik probability sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh 30 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan bentuk cocok (checklist) dengan jumlah 15 pernyataan untuk komunikasi interpersonal guru, 17 pernyataan untuk komunikasi interpersonal siswa, dan 17 pernyataan untuk minat belajar matematika. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara komunikasi interpersonal guru dengan minat belajar matematika dengan perhitungan analisis regresi linear sederhanapertama didapat t_hitung sebesar 2,495>t_tabel 2,048. Berdasarkan perhitungan analisis regresi linear sederhana kedua didapat t_hitung sebesar 5,439>t_tabel 2,048, ini berarti terdapat pengaruh antara komunikasi interpersonal siswa dengan minat belajar matematika. Berdasarkan perhitungan analisisregresi linear sederhana ketiga didapat korelasi (R)=0,658>0,361, ini berarti terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan komunikasi interpersonal siswa. Berdasarkan perhitungan dengan uji regresi linear ganda didapat F_hitung=14,467>F_tabel=3,35, ini berarti terdapatpengaruh positif yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru dan komunikasi interpersonal siswa terhadap minat belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Komunikasi interpersonal guru, komunikasi interpersonal siswa, dan minat belajar matematika.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:37
Last Modified: 10 Nov 2020 04:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item