PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU

Nekmah, Dwi Suci and Muhammad, Habib and Novallyan, Devie (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU)
SKRIPSI Dwi Suci Nekmah.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap minat dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain one grup posstest design. Populasi penelitian siswa kelas VIII dipilih dua kelas dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk hasil belajar ranah kognitif dan lembar angket untuk minat belajar siswa. Analisis data menggunakan uji t minat belajar diperoleh thitung = 2.11 dan ttabel = 2.02 pada taraf signifikan 5%, dan analisis data menggunakan uji “t” hasil belajar diperoleh thitung = 3.86 dan ttabel = 2,02. Hal ini berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap minat dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: tutor sebaya, minat, hasil belajar siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:54
Last Modified: 10 Nov 2020 02:54
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5129

Actions (login required)

View Item View Item