تأثير احتراف مدرس اللغة العربية على نتائج تعليم مهارة كتابة التلاميذ في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٦ سيجنجاع مدينة جامبي

Arifin, Ahmad and Musli, Musli and Mustar, Mustar (2020) تأثير احتراف مدرس اللغة العربية على نتائج تعليم مهارة كتابة التلاميذ في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٦ سيجنجاع مدينة جامبي. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (تأثير احتراف مدرس اللغة العربية على نتائج تعليم مهارة كتابة التلاميذ في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٦ سيجنجاع مدينةجامبي)
PENYERAHAN SKRIPSI AHMAD ARIFIN 11.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Prefesionalisme Guru Bahasa Arab terhadap hasil belajar kemahiran menulis siswa di MTs N 6 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 6 Kota Jambi yang berjumlah 125 siswa, sedangkan sampel penelitian diambil sebanyak 63 siswa dengan menggunakan rumus Sampling Sistematis noprobabilitiy. Dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket (kuesioner). Untuk menguji instrumen dilakukan dengan menggunakan validasi. Serta untuk mendapatkan hasil persentase dan frekuensi data yaitu dengan menggunakan SPSS versi 22 For Windows. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai pengaruh profesionalisme guru Bahasa Arab terhadap hasil belajar kemahiran menulis siswa dapat dilihat dari hasil angket dan soal tes menunjukkan bahwa (1) tingkat keprofessionalisme Guru Bahasa Arab dengan semua penunjang keprofessionalismeannya berkisar pada 26,27% sedangkan presentase yang menyatakan ketidak professionalismean Guru Bahasa Arab di MTs Negeri 6 Kota Jambi berkisar di 11,52 % dalam hal ini masuk dalam kategori cukup baik. (2) tingkat pencapaian hasil belajar kemahiran menulis siswa kelas VII yang memperoleh nilai 40 sebanyak 12,7% yang memperoleh nilai 50 sebanyak 6,3%, yang memperoleh nilai 60 sebanyak 20,6% yang memperoleh nilai 70 sebanyak 46,0%. yang memperoleh nilai 80 sebanyak 14,3%. Maka sudah mencapai kategori Cukup, karena 46,0% siswa kelasVII pada mata pelajaran Bahasa Arab sudah memperoleh nilai 70 Maka hubungan antara variabel X yaitu profesionalisme guru dengan variabel Y yaitu pencapaian siswa signifikant dimana angka 2,81 (r) mencapai signifikan dengan P-velue 0,026 lebih kecil dari 0,05. ( P- velue < 0,05 is signifikant ) dengan begitu maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Prefesionalisme Guru Bahasa Arab,hasil belajar siswa.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 492 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:05
Last Modified: 11 Nov 2020 04:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5128

Actions (login required)

View Item View Item