MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA TEMA 6 MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI

Putri, Heri and Hakim, Lukman and Tabroni, Tabroni (2020) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA TEMA 6 MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA TEMA 6 MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI)
SKRIPSI WATERMARK.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model Talking Stickpada pembelajaran tematik dikelas VI Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi. Tujuan skripsi ini adalah mengetahui keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas VI MI Muhajirin Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas VI MI Muhajirin Kota Jambi. Sedangkan objek peneltian ini adalah penerapan model Talking Stick, meningkatkan keaktifan belajar pada tema 6 menuju masyarakat sejahtera dan subtema 1 masyarakat peduli lingkungan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stickdapat meningkat keaktifan belajar dalam proses pembelajaran. Model peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain peneltian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri 2 siklus. Adapun hasil dari penelitian ini dalah hasil angket yang digunakan untuk mengukur keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas VI MI Muhajirin Kota Jambi. Dengan nilai angket keaktifan belajar siklus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 88%. Kedua siklus I dan siklus II telah valid atau sahih. Dengan demikian model Talking Stickdapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan belajar, model talking stick, dan pembelajaran tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:51
Last Modified: 12 Nov 2020 02:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item