EVALUASI DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH DINAS PENDIDIKAN TENTANG SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (Studi Sekolah Dasar Negeri 197/IV Jambi Timur Kota Jambi)

SAFITRI, YUNI and Masnidar, Masnidar and Masburiyah, Masburiyah (2020) EVALUASI DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH DINAS PENDIDIKAN TENTANG SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (Studi Sekolah Dasar Negeri 197/IV Jambi Timur Kota Jambi). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
YUNI SAFITRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Evaluasi Dampak Kebijakan Pemerintah Dinas Pendidikan tentang Sertifikasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar (Studi Sekolah Dasar Negeri 197/IV Jambi Timur Kota Jambi).” Skripsi ini membahas tentang dampak kebijakan pemerintah Dinas Pendidikan tentang sertifikasi terhadap kinerja guru sekolah dasar 197/IV Jambi Timur Kota Jambi ”. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dan jenis penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi: bagaimana proses kebijakan sertifikasi guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan kebijakan sertifikasi, serta bagaimana dampak kebijakan sertifikasi tehadapa guru Sekolah Dasar 197/IV Jambi Timur Kota Jambi Dari hasil penelitian yang ditemukan dilapangan bahwasanya dampak kebijakan sertifikasi terhadap kinerja guru di SD Negeri 197/IV Jambi Timur belum sesuai dengan peraturan Perundang-undangan. Dimana berdasarkan peraturan perundang-undangan menyebutkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik kompetensi, sertifikasi pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Namun, di SD Negeri 197/IV Jambi Timur masih banyak guru yang belum memiliki kualifikasi akademik kompetensi serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan masih banyak kendala lainnya. Adapun faktor penghambat kinerja guru sertifikasi yaitu guru yang telah berumur lanjut yang kurang memahami teknologi serta sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Evaluasi, Kebijakan, Kinerja Guru, Sertifikasi Guru
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:58
Last Modified: 10 Nov 2020 04:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5104

Actions (login required)

View Item View Item