PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN SAINS SISWA DI MADRASYAH TSANAWIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI SKRIPSI KURNIAWATI NIM. TB. 150982 PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI 2020

KURNIAWATI, KURNIAWATI and Surayya, Elly and Salahuddin, Salahuddin (2020) PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN SAINS SISWA DI MADRASYAH TSANAWIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI SKRIPSI KURNIAWATI NIM. TB. 150982 PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI 2020. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN SAINS SISWA DI MADRASYAH TSANAWIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI SKRIPSI KURNIAWATI NIM. TB. 150982 PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN)
SKRIPSI KURNIAWATI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan keseluruhan keterampilan ilmiah yang terarah (baik kognitif maupun psikomotorik) yang dapat digunakan untuk menemukan konsep, prinsip atau teori, untuk mengembangkan konsep yang sebelumnya, ataupun untuk melakukan penyangkalan terhadap suatu penemuan flasifikasi. Keterampilan proses sains dibangun dari tiga keterampilan yaitu manual, intelektual dan sosial. Laboratorium merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat digunakan sebagai tempat melatih peserta didik dalam memahami konsep-konsep dan meningkatkan keterampilan dalam melakukan percobaan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan laboratorium terhadap keterampilan sains siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota Jambi. Percobaan diberi nama kelompok acak atau random, kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan khusus yaitu pembelajaran berbasis praktikum dan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan biasa. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda. Berdasarkan pengumpulan data yang telah diperoleh, didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,18 dan kelasa kontrol sebesar 70,59. Berdasarkan analisis data dapatkan t hitung ≥ t tabel = 2,04 < 2,77 > 2,75, dengan effect size sebesar 1,01 dengan persentase 84%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan laboratorium terhadap keterampilan sains siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota Jambi. Pembelajaran dengan menggunakan laboratorium dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penelitian laboratorium., keterampilan sains siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:20
Last Modified: 10 Nov 2020 04:20
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5069

Actions (login required)

View Item View Item