PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Junaidi, M. Arif and Musyaddad, Kholid and Nofriadi, Nanang (2020) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA)
TB.150991 PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA-lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbandingan penggunaan media Peta Konsep dengan media Power Point terhadap hasil belajar siswa biologi siswa kelas X Madrasah Aliyah Riyadhul Jannah Bramitam Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu jenis Quasi Eksperimental dengan desain penelitian yaitu Posttest-Only Control Design. Sedangkan pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Dari pengumpulan data yang diperoleh dikelas eksperimen I adalah rata-rata aspek kognitif kelas eksperimen I menggunakan media peta konsep sebesar 70,24 sedangkan untuk kelas eksperimen II menggunakan media power point rata-rata aspek kognitif sebesar 80,8. Kemudian dari data tersebut dilakukan dengan uji “t” di dapat t0 atau ttest yang diperoleh dalam perhitungan t0 = 3,91 lebih besar dari pada ttabel ( baik pada taraf signifikan 5% ataupun 1% ), Setelah dilakukan uji “t” kemudian dilakukan dengan uji effeck size untuk melihat sebearapa pengaruh media peta konsep dan media power point tersebut. Dari perhitungan didapat adalah Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh besarnya effect size perlakuan yang diberikan adalah 1,15 dengan persentase 86%. Dengan demikian media peta konsep dan media power point mempunyai pengaruh yang besar terhadapa hasil belajar Biologi pada kelas X Madrasah Aliyah Riyadhul Jannah Bramitam Raya. maka dari kedua hipotesis yang ada dapat disimpulkan Hipotesis Nihil ditolak, sedangkan Hipotesis Alternatif diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y dengan kata lain terdapat perbandingan penggunaan media peta konsep dengan media power point terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas X Madrasah Aliyah Riyadhul Jannah Bramitam Raya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media Peta Konsep Dan Media Power Point , Biologi, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 15 Dec 2020 06:12
Last Modified: 15 Dec 2020 06:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5063

Actions (login required)

View Item View Item