PERANAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENGGUNAAN NARKOBA TERHADAP REMAJA DALAM WILAYAHDESA MARGA MANUNGGAL JAYA KECAMATAN SUNGAI BAHAR KABUPATEN MUARO JAMBI

Rohman, Fathur and Ishaq, Ishaq and Neldi, Asri (2018) PERANAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENGGUNAAN NARKOBA TERHADAP REMAJA DALAM WILAYAHDESA MARGA MANUNGGAL JAYA KECAMATAN SUNGAI BAHAR KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SHP130130_FATHUR ROHMAN_HUKUM PIDANA ISLAM - Farhur Rohman.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peranan masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dalam wilayah Desa Marga Manunggal Jaya. Sebagai data awal, penulis menemukan bahwa Penggunaan Narkoba dikalangan remaja di Desa Marga Manunggal Jaya dari tahun ke tahun mengalami pasang surut, seperti yang dapat ketahui dari sumber data Polsek Sungai Bahar tahun 2014 pengguna narkoba mencapai 3 orang, di tahun 2015 sebanyak 3 orang, dan pada tahun 2016 penggunaan narkoba ada 2 orang. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui peranan masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dalam wilayah Desa Marga Manunggal Jaya. Skripsi ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa Kesimpulan penelitian ini adalah peranan masyarakat dalam pencegahan penggunaan narkoba terhadap remaja dalam wilayah Desa Marga Manunggal Jaya adalah mengajak remaja mematuhi adat desa, mengajak remaja terlibat aktif dalam kegiatan agama seperti remaja masjid agar karakter para remaja menjadi seorang remaja yang religius dan berwawasan tinggi dengan adanya grup rebana para remaja menjadi ada kegiatan selain di lingkungan masjid itu sendiri. Peran lain di Desa Marga Manunggal Jaya adalah melibatkan remaja dalam menjaga ketentraman para warga di desa cara yang dilakukan adalah dengan selalu membuka aduan dari masyarakat itu sendiri dan melaporkan pada pihak berwajib dan melibatkan remaja dalam kegiatan social dengan tujuan menjaga pergaulan remaja Desa Marga Manunggal Jaya dalam bentuk kegiatan olah raga dan turnamen yang dibuat dan dibentuk oleh karang taruna dengan para remaja Desa Marga Manunggal Jaya. Hambatan masyarakat dalam pencegahan penggunaan narkoba terhadap remaja dalam wilayah Desa Marga Manunggal Jaya adalah ketidakmengertian remaja dan orang tua tentang aturan hukum narkoba, keengganan remaja bersosialisasi dengan masyarakat dan jarangnya sosialisasi tentang narkoba yang dilakukan pemerintah desa dan tokoh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peranan Masyarakat Penyalahgunaan Narkoba, Remaja
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antar Personal
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:48
Last Modified: 04 Dec 2019 03:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item