PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK MORAL YANG BAIK DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 02 MUARO JAMBI

Al-Ahyauddin, Arif and Junaid, M. and Hindun, Hindun (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK MORAL YANG BAIK DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 02 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK MORAL YANG BAIK DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 02 MUARO JAMBI)
TP161424 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK _Lampiran Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk Membentuk Moral yang Baik di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Muaro Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan penerapan model pembelajaran Role Playing dalam membentuk moral yang baik di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Penelitian Kemmis & Mc. Taggart. Sumber data berupa primer dan sekunder. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan Metode Role Playing dapat memberikan peningkatan dalam membentuk moral yang baik bagi siswa, hal tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. Pada pra tindakan hasil rata-rata angket penilaian moral siswa sebesar 59% dengan kategori Belum Berkembang. Setelah dilakukan tindakan siklus I hasil angket penilaian moral siswa mengalami peningkatan menjadi 77,78% dalam siklus ini dikategorikan moral siswa Mulai Berkembang. Selanjutnya dilakukan perbaikan Pada siklus II sehingga hasil angket penilaian moral siswa terus mengalami peningkatan dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 87,72% dikategorikan moral siswa telah Berkembang Sesuai Harapan. Hal ini menunjukkan bahwa hasil angket moral siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak melalui metode Role Playing di kelas VII C MTs Negeri 02 Muaro Jambi telah memberikan peningkatan dalam membentuk moral yang baik bagi siswa. Dengan demikian pemberian tindakan pada penelitian ini diakhiri pada siklus II. Diharapkan metode pembelajaran ini terus diterpakan agar generasi penerus bangsa tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas namun juga moral yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran Role Playing, Moral yang baik, Akidah Akhlak
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 11 Nov 2020 02:23
Last Modified: 11 Nov 2020 02:23
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5053

Actions (login required)

View Item View Item