IMPLEMENTASI KESADARAN HIJABER DALAM KONSUMSI MODE JILBAB pada MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI dan BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDIN JAMBI

Alviva, Widia and Pangiuk, Ambok and Hafiz, Ahsan Putra (2020) IMPLEMENTASI KESADARAN HIJABER DALAM KONSUMSI MODE JILBAB pada MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI dan BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDIN JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Implementasi kesadaran hijaber dalam konsumsi mode jilbab pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam universitas Islam negeri Sulthan Thaha Saifuddin jambi)
Widia Alviva.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) untuk mengetahui apa alasan mahasiswi jurusan ekonomi syariah angkatan 2016 memilih dan mengikuti trend fashion dalam berjilbab, 2) Untuk mengetahui seberapa besar dampak dari fenomena trend fashion dan mode jilbab terhadap keputusan pembelian jilbab mahasiswi jurusan ekonomi Islam angkatan 2016. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif, yang bersifat kualitatif deskripstif yaitu data dikumpulkan dengan menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi atau fenomena sosial yang ada di masyarakat khususnya mahasiswi. Sumber data dalam penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Dalam menjawab permasalah tersebut metode yang digunakan penulis menggunakan pendekatan fenomenologi. Analisis data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan, dokumentasi dan observasi. Setelah wawancara secara tertulis, peneliti membuat hasil wawancara dengan memilih pendapat informan yang sesuai kemudian menuliskan kata-kata yang sesuai dengan apa yang ada ditulisan tersebut. Setelah peneliti menulis hasil wawancara selanjutnya peneliti membuat reduksi data dengan cara abstraksi, yaitu mengambil data yang sesuai dengan konteks penelitian dan mengabaikan data yang tidak diperlukan. penelitian menunjukkan bahwa setelah adanya trend fashion di kalangan mahasiswi maka alasan mahasiswi melakukan pembelian jilbab dikarenakan harganya yang relative murah, warnanya yang variatif, kualitas kainnya yang bagus serta mereknya yang cukup terkenal dikalangan mahasiswi. Dampak dari fenomena yang terjadi yaitu berdampak positif dan negatif. Positifnya yaitu melakukan pembelian jilbab setiap adanya trend jilbab atau mode yang lagi popular di masyarakat khususnya mahasiswi dan semakin banyaknya mahasiswi yang memakai jilbab di setiap aktivitas dan terdapat juga dampak negatif yaitu masih banyaknya mahasiswi yang mengikuti trend fashion jilbab dan mode yang cara memakainya tidak memperhatikan kesyariahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kesadaran mode dan konsumsi jilbab mahasiswa febi
Subjects: 000 Karya Umum
2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:07
Last Modified: 04 Nov 2020 04:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5037

Actions (login required)

View Item View Item