ANALISIS PENCEMARAN NAMA BAIK YANG DILAKUKAN OLEH PERS MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS DAN HUKUM ISLAM

Yusnita S, Norma and Zulqarnain, Zulqarnain and Harun, Hermanto (2018) ANALISIS PENCEMARAN NAMA BAIK YANG DILAKUKAN OLEH PERS MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS DAN HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SHP141668_NORMA YUSNITA S_HUKUM PIDANA ISLAM - b - Norma Yusnita Simanjuntak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Pers menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan Hukum Islam, permasalahan yang diteliti sebagai fokus penelitian ini adalah bagaimana pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Pers menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan hukum Islam dan bagaimana mekanisme penyelesaian delik pencemaran nama baik yang dilakukan oleh pers menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Hukum Islam. Penelitian ini menggunaka metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan yuridis normatif, sumber data pustaka yang terdiri dari bahan hukum primer dan skunder.Bahan hukum primer dalam memperoleh data seperti al Qur’an, al-Hadits, Undang-undang dan buku-buku yang berkaitan dengan objek penelitian.Bahan hukum skunder berupa jurnal yang berkaian dengan objek penelitian. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Tindak pencemaran nama baik merupakan perbuatan yang menyerang nama baik orang yang dapat mengakibatkan rasa harga diri dan martabat orang itu dicemarkan, dipermalukan atau di rendahkan. Sedangkan menurut Imam al-Ghazali pencemaran nama baik adalah, menghina (merendahkan) orang lain di depan manusia atau di depan umum. Langkah penyelesaian delik pers melalui Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers lebih efektif dan merupakan pemecahan yang sama sama menguntungkan kedua belah pihak dari pada mekanisme penyelesaian melalui peradilan yang membutuhkan waktu yang cukup lama, biaya besar dan hanya muncul satu pemenang yang mengakibatkan hubungan relasional antara pers dengan sumber berita bisa retak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Undang Undang Pers, Hukum Islam
Subjects: 2x4 Fiqih > 2x4.5 Jinayat (Pidana Islam)
300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:30
Last Modified: 04 Dec 2019 03:30
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item