PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGAKTKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

Irawan, Dedi and Hakim, Lukman and Nugroho, Aris Dwi (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGAKTKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi)
TPG161862 Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian in dilatar belakangi karena masih rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada tema delapan dengan menerapkan strategi pembelajaran kontekstual tipe CTL pada kelas IV Madrasah Nurul Ittihad Kota Jambi pada daerah tempat tinggalku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual tipe CTL dapat meningkatkan keaktifan siswa pada tema delapan pada kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Pada tindakan kelas siklus I skor nilai keaktifan belajar meningkat menjadi 3,69 dengan kategori mendekati aktif, dengan junlah siswa yang aktif sebanyak 4 siswa, siswa yang cukup aktif sebanyak 14 siswa, dan meningkat sangat signifikan pada siklus II dengan skor nilai keaktifan belajar siswa menjadi 4,3 dengan kategori mendekati sangat aktif, dengan jumlah siswa yang aktif sebanyak 12 siswa, siswa yang sangat aktif sebanyak 6 siswa. Peneliti menyarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran kontekstual tipe CTL dalam kegiatan pembelajaran sehingga keaktifan siswa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran, Kontekstual, Keaktifan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:58
Last Modified: 03 Nov 2020 03:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item