PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI MIN 04 MUARO JAMBI

Pratiwi, Lely Listya and Hakim, Lukman and Siregar, Nasyariah (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI MIN 04 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di MIN 04 Muaro Jambi)
SKRIPSI LELY LISTYA PARTIWI TPG161907-dikonversi.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 4 Muaro Jambi yang disebabkan oleh rendahnya kulitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana kurangnya metode , model maupun strategis yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran Tematik untuk menimbulkan kebosanan pada siswa dan siswa menjadi pasif saat pembelajaran berlansung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bersifat deskripif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di MIN 4 Muaro Jambi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di MIN 4 Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Tema cita-citaku. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan melaui 4 tahapan yang mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penigkatan aktifitas belajar siswa dapat diukkur dari evaluasi siklus 1, dan siklus II. Dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64 % dan siklus II 82%. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, keaktifan siswa pada siklus I sebesar 3,57 dengan kategori “mendekati aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 4,57 dengan kategori “aktif”. Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:47
Last Modified: 02 Nov 2020 01:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item View Item