DAMPAK POLA ASUH PADA TINGKAT EMOSIONAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI DISABILITAS TIARA BHAKTI MUARA BULIAN

Norimirani, Norimirani and Salim, Agus and Afriansyah, Afriansyah (2020) DAMPAK POLA ASUH PADA TINGKAT EMOSIONAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI DISABILITAS TIARA BHAKTI MUARA BULIAN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Dampak pola asuh pada tingkat emosional anak berkebutuhan khusus di panti disabilitas Tiara Bhakti muara Bulian)
UB 162617 NORIMIRANI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh emosional anak berkebutuhan khusus dipanti. Saat ini panti sosial merupakan alternatif terakhir dalam menangani permasalahan anak terlantar. Dengan adanya panti sosial, anak terlantar bisa mendapatkan pelayanan-pelayanan sosial berupa pelayanan kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan lainnya. Banyak anak berkebutuhan khusus yang tinggal dipanti dikarenakan kurangnya ekonomi dari keluarga mereka, anak berkebutuhan khusus ini merupakan anak yang tidak sempurna fisiknya, yang mengakibatkan gangguan koordinasi, komunikasi, adaptasi dan mobilisasi. Dalam penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pola asuh anak berkebutuhan khusus, untuk mengetahui bagaimana tingkat emosional anak berkebutuhan khusus yang tinggal di panti dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat emosional anak berkebutuhan khusus di Panti Disabilitas Tiara Bhakti Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pola asuh pada tingkat emosional anak berkebutuhan khusus di panti disanilitas tiara bhakti Muara Bulian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 3 informan, observasi pada bulan januari hingga maret 2020 sedangkan dokumentasi dilakukan saat wawancara dan observasi dilakukan. Peneliti menemukan dalam penelitian ini bahwa pola asuh dipanti disabilitas tiara bhakti Muara Bulian dilakukan dengan baik. Ini disebabkan karena emosional anak berbutuhan khusus sangatlah baik. Emosional didasarkan pada perasaan atau sikap seseorang dalam bereaksi pada suatu kondisi. Emosional dapat diamati melaui perubahan-perubahan yang tampak pada anak anak-anak baik secara fisik, kognitif, maupun emosi. Anak berkebutuhan khusus pada umumnya memiliki tingkat emosional yang tinggi, dan tidak jarang menunjukan sikap yang tempramen. Jika dilihat dari segi fisik mereka sering terpojok dengan rasa kesepian, depresi dan hal lainnya layak seperti seperti orang putus asa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pola asuh, emosional, anak berkebutuhan khusus
Subjects: 000 Karya Umum
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fakultas Dakwah
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:24
Last Modified: 21 Oct 2020 04:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4960

Actions (login required)

View Item View Item