PENGARUH KEPEMIMPINAN ADAT TERHADAP PELAKSANAAN PEMERINTAHAN DESA BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI DI DESA PENAPALAN KECAMATAN TENGAH ILIR KABUPATEN TEBO)

P, Ardiansah and Yuliatin, Yuliatin and Fuhaidah, Ulya (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN ADAT TERHADAP PELAKSANAAN PEMERINTAHAN DESA BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI DI DESA PENAPALAN KECAMATAN TENGAH ILIR KABUPATEN TEBO). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SIP. 141707_ARDIANSAH P_ILMU PEMERINTAHAN - birul walidaini, ST.pdf

Download (1MB)

Abstract

Negara Indonesia adalah Negara yang kaya akan adat istiadat, namun ditengah era globalisasi adat istiadat hampir menghilang ditelan oleh zaman dan waktu. Disebabkan pengaruh dan jiplakan sistem yang datang dari luar Indonesia. Ini disebabkan oleh tidak adanya komitmen dan kekonsistenan dalam sistem pemerintahan di Indonesia, belum lagi partai politik yang ada di Indonesia membludak sehingga banyak sekali ditemukan konflik kepentingan yang tak terbendung oleh penegak hukum. Secara konsep kita akui bahwa sistem di Indonesia sangat ideal namun sangat bertentangan dengan realitas kondisi yang terjadi di Indonesia. untuk itu pentinganya mengambil suatu langkah yang strategis dan mengadopsi suatu nilai kearifan lokal dari negeri sendiri, dalam memaknai demokrasi pada sistem pemerintahan di Indonesia, oleh karena itu skripsi ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pemerintahan adat yang ada di desa Penapalan untuk di adopsi nilai-nilai sistem adat tersebut kedalam sistem pemerintahanm desa. Metode yang di gunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan deskristip dan Etnografi. Berdasarkan penelitian yang diperoleh hasil kesimpulan dari Pengaruh Kepemimpinan Adat Terhadap Pelaksanaan Pemeritahan Desa Berbasis Kearifan Lokal Kearifan Lokal Studi di Desa Penapalan Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo adalah kepemimpinan adat yang disebut Depati memimpin berdasarkan kepada adat bersendikan syarak, syarak bersendikan kitabullah, adat mengato syarak memakai. Sebuah konsep yang berlandaskan kepada 3 hal yaitu : pancasila, adat-istiadat dan syariat. Pengaruhnya tercermin pada lembaga adat yang masih hidup dan pegawai syarak. Kearifan lokal yang masih ada di Desa Penapalan yaitu : ngecal (mencari ikan dalam lubuk larangan) dan berumo ( menanam padi secara beramai-ramai).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pemerintahan, Adat, Kearifan Lokal
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 02 Dec 2019 07:14
Last Modified: 02 Dec 2019 07:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item