PENGGUNAAN METODE GASING (GEMBIRA, ASYIK DAN MENYENANGKAN ) BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGRI 6 SAROLANGUN

Miranda, Afdila and Rizalman, Rizalman and Shalahuddin, Shalahuddin (2020) PENGGUNAAN METODE GASING (GEMBIRA, ASYIK DAN MENYENANGKAN ) BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGRI 6 SAROLANGUN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGGUNAAN METODE GASING (GEMBIRA, ASYIK DAN MENYENANGKAN ) BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 SAROLANGUN)
TF.161145_AFDILA MIRANDA_TADRIS FISIKA.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penggunaan metode GASING (Gembira, Asyik dan Menyenangkan ) berbantuan alat peraga pada materi Hukum Newton untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Sarolangun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui Metode GASING berbantuan alat peraga meningkat di setiap siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I meningkat sebanyak 0,587 jika dipersentasekan menjadi 58,7%. Ditinjau dari ketetapan hakke 1999 mengenai N-Gain peningkatan dalam persentase 58% berada pada kategori cukup efektif, namun pencapaian yang diperoleh oleh siswa belum mencapai KKM. Kemudian dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 0,936% jika dipersentasekan menjadi 93,6%. Ditinjau dari ketetapan hakke 1999 mengenai N-Gain peningkatan dalam persentase 93,6% berada pada kategori efektif dengan kriteria sudah mencapai KKM yang maksimal dan dibuktikan lebih dari 75% siswa telah dinyatakan tuntas. Kemudian berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa dan guru yang menunjukkan aktivitas siswa pada siklus I dengan angka 2,13, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3,13 dan pada aktivitas guru meningkat dari 2,61 ke 3,84. Maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa Kelas X MIPA Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Sarolangun meningkat dengan baik setelah menggunakan Metode GASING berbantuan alat peraga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penelitian Tindakan Kelas, Metode GASING, Alat Peraga, Hukum Newton, Hasil Belajar.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 14 Oct 2020 07:28
Last Modified: 14 Oct 2020 07:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4907

Actions (login required)

View Item View Item