UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL MUNAWWAROH KOTA JAMBI

Ningtiyas, Linda Wahyu and Siregar, Nasyariah and Shalahudin, Shalahudin (2020) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL MUNAWWAROH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi.

[img] Text (Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada pembelajaran tematik kelas I di MI Al Munawwaroh Kota Jambi)
SKRIPSI LINDA WAHYU NINGTIYAS TPG.161911.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada pembelajaran tematik Kelas 1 MI Al Munawwaroh Kota Jambi. Penelitian ini berfokus pada, 1) kendala yang di hadapi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca. 2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada kelas 1. Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif dan mengunakan Metode studi kasus, subjek penelitian kepada kepala sekolah dan guru kelas I, Kemudian pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumuntasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap: 1) Mereduksi data dengan cara mencatat dan merekam data yang didapat selama dilapangan 2). Menyajikan data dengan uraian bentuk teks naratif, 3). Menyimpulkan data atau verifikasi dengan menarik kesimpulan secara garis besar Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi guru kelas I dalam menghadapi kesulitan membaca siswa dalam pembelajaran tematik ada beberapa kendala seperti siswa sulit membedakan huruf, siswa tidak hafal-huruf dan abjad. Dalam mengatasi kesulitan belajar membaca ada beberapa strategi yang digunakan guru kelas salah satunya yaitu pengunaan metode phonic method, Basal readers yang digunakan dalam mengatasi kesulitan membaca sehingga dalam strategi yang digunakan guru sangat membawa perubahan dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas I di MI Al Munawwarah Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: strategi guru, kesulitan membaca pembelajaran tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:41
Last Modified: 27 Aug 2021 03:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4892

Actions (login required)

View Item View Item