HUBUNGAN ANTARA MUSRENBANGDES DAN RKPDES (STUDI TERHADAP PELAKSANAAN HASIL MUSRENBANG DI DALAM RKPDES) KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI TAHUN 2016-2017

Effendi, Ghina Nabilah and Yuliatin, Yuliatin and Lestiyani, Tri Endah Karya (2018) HUBUNGAN ANTARA MUSRENBANGDES DAN RKPDES (STUDI TERHADAP PELAKSANAAN HASIL MUSRENBANG DI DALAM RKPDES) KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI TAHUN 2016-2017. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SIP.151972 GHINA NABILAH EFFENDI ILMU PEMERINTAHAN - ghinanabilah effendi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) di Kecamatan Bajubang Khususnya Desa penerokan selanjutnya ingin mengetahui hubungan MusrenbangDes dan RKPDes Terhadap Pelaksanaan hasil MusrenbangDes dalam pelaksanaan pembangunan di desa, Kecamatan Bajubang. Kecamatan Bajubang merupakan salah satu kecamatan dari 8 kecamatan di Kabupaten Batanghari, yang memiliki 9 desa 1 kelurahan. Pelaksanaan Musrenbang yang telah digelar dibeberapa desa itu memiliki variasi program unggulan masing-masing. Dimana setiapdesa memiliki kebutuhan dalam hal pembangunannya masing-masing. Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan utama untuk mendeskriftifkan dan menggambarkan segala macam dan cara pemerintahan kecamatan Bajubang dan pemerintahan Desa Penerokan dalam menjalankan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) terhadap keberhasilan pembangunan di kecamatan Bajubang, Kabupaten batanghari. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat seberapa besar hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes) yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk selanjutnya di tetapkan dan dijadikan agenda pembangunan berkelanjutan sehingga dapat mengetahui bagaimana hubungannya dengan rencana kerja pemerintah desa atau RKPDes yang menjadi hal utama dan menjadi pokok dalam pembangunan, dimana dalam pelaksanaannya banyak ditemukan permasalahn dalam penetapan dan pelaksanaan agenda pembangunan desa. RKPDes adalah dokumen penting sebagai keputusan pelaksanaan pembangunan di desa. Penelitian ini dimaksudkan atau ditujukan pada pemerintah desa dan masyarakat desa khusunya yang berada di kecamatan Bajubang. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tekhnik Balanced Scorecard digunakan oleh organisasi bisnis untuk pengukuran kinerja. Namun, balanced scorecard tidak saja digunakan oleh organisasi bisnis tetapi juga organisasi publik yaitu pemerintahan yaitu organisasi yang menyediakan jasa pada masyarakat dengan tujuan bukan untuk mengkatkan manajemen strategis untuk dapat digunakan oleh organisasi publik yaitu pemerintahan, balanced scorecard tersebut harus dimodifikasi., analisis data, wawancara dan dokumentasi di gunakan untuk memperoleh gambaran yang umum dan menyeluruh dari obyek dan penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes) adalah untuk membentuk suatu terbentuknya Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) di dalam setiap tahun sekali untuk pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan dari desa membangun yang dicanangkan dalam NAWA CITA dan agenda yang tidak dimasukkan dalam RKPDes itu karena tidak sesuai prioritas unggulan dan pagu indikatif daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), keberhasilan pembangunan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 02 Dec 2019 04:36
Last Modified: 02 Dec 2019 04:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item