PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 24 KOTA JAMBI

TRINA AFRIANI, TM. 151298 and Surayya, Elly and Kukuh, M. (2019) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 24 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 24 KOTA JAMBI)
Trina Afriani TM151298 Tadris Matematika-min - Agung Firmansyah.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh pendekatan problem centered learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMPN 24 kota jambi. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui berapa rata-rata skor siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran problem centered learning, kemudian untuk mengetahui berapa skor ratarata siswa yang tidak diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe problem centered learning, dan juga untuk mengetahui berapa besar pengaruh penerapan problem centered learning terhadap berpikir matematis diliat dari hasil saol matematika siswa kelas VII di SMPN 24 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain yaitu Posttest Only Control Desain, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Peneliti menemukan bahwa kelas eksperimen (VII B) lebih baik dari kelas kontrol (VII A). kelas eksperimen menerapkan model problem centered learning memperoleh nilai tertinggi 100, nilai terendah 50, dan rata-rata nya sebesar 85,64, sedangkan kelas kontrol yang tidak menerapkan metode tersebut memperoleh nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 30 dengan rata-rata 57, dan terbukti bahwa nilai hasil belajar dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji t peneliti menemukan bahwa dengan , melalui proses interpolasi diperoleh pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikan 1% , ternyata (1,66 < 5,76 > 2,38). Hal ini menunjukkan bahwa diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem centered learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII di SMPN 24 Kota Jambi. Selain itu peneliti menggunakan uji Effect Size untuk mengetahui berapa besar persentasenya, Berdasarkan perhitungan diperoleh 1,4 maka menunjukkan efek yang tinggi (besar) karena 1,4 maka mendapatkan presentase 68,1%. Jadi pengaruh pendekatan Problem Centered Learning terhadap hasil belajar sangat tinggi yaitu 68,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matemati
Subjects: 000 Karya Umum
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 81 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:12
Last Modified: 06 Oct 2020 04:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item View Item