UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE INQUIRY DI MADRASAHIBTIDAIYAH NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN

SARI NAYUWATI, TPG. 151725 and Jamil, Zawaqi Afdhal and Nugroho, Aris Dwi (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE INQUIRY DI MADRASAHIBTIDAIYAH NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
_Sari Nayuwati_PGMI - Sari Nayuwati.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas III MI Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana guru belum memusatkan siswa sebagai subjek belajar dimana guru terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran, guru kurang memberi kesempatan siswa untuk berpikir, hal ini dibuktikan pada saat pertanyaan diajukan kepada siswa guru langsung meminta siswa untuk menjawabnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di MI Nurul Yaqin simpang Sungai Duren, sedangkan objek penelitian ini adalah optimalisasi pembelajaran tematik dengan pendekatan Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran tematik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat di diukur dari evaluasi siklus I, siklus II dan siklus III, dengan nilai hasil belajar siswa pada siklus I untuk pelajaran Bahasa Indonesia 72,41, Matematika 71,37 dan SBdP 71,72, pada siklus II pada pelajaran Bahasa Indonesia Mengalami peningkatan yaitu 74,31 dan PPKn 73,79, pada siklus III mengalami peningkatan yang lebih pesat yakni nilai rata-rata untuk Bahasa Indonesia 84,12 Matematika 81,37 dan untuk PPKn 82, dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang sungai Duren telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: hasil belajar, inquiry, pembelajaran tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:36
Last Modified: 06 Oct 2020 03:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4861

Actions (login required)

View Item View Item