PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL YAQIN MUARO JAMBI

HARTIKA, TPG.151679 and Muhsinin, Umil and Ikhtiati, Ikhtiati (2019) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL YAQIN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
HARTIKA_PGMI - hartika tika.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV di madrasah ibtidaiyah swasta nurul yaqin muaro jambi dengan penerapan Metode Index Card Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran Tematik dengan menggunakan metode pembelajaran Index Card Match, peningkatan hasil belajar siswa pada Tema 9 kayanya negeriku. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II, dengan nilai hasil belajar siswa siklus I sebesar 46.16% dan siklus II sebesar 80.64%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Index Card Match, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:05
Last Modified: 06 Oct 2020 04:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4857

Actions (login required)

View Item View Item