PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 116/IV KECAMATAN KOTABARU KOTA JAMBI

FARDI YANSYAH SY, TPG.151669 and Muhsinin, Umil and Mukminin, Amirul (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 116/IV KECAMATAN KOTABARU KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
FARDI YANSYAH_PGMI - FARDI YANSYAH YANSYAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembalajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 116/IV Kecamatan kota baru Kota Jambi. Ditemukan pada saat pembelajaran menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran tematik, untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat di ukur melalui: kelancaran, kelenturan, keaslian, elaborasi. Sedangkan temuan yang di peroleh yaitu ketika mengajar guru masih menggunakan strategi konvensial yang hanya menekankan intelegensi, dan juga dalam proses pembelajaran kurang menarik dan membosankan sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).dengan menggunakan desain skripsi Jhon Elliot, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik Wawancara, Obsevasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dapat di diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 58.29% dan siklus II 88.34%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 1.72 dengan kategori Mendekati Baik dan hasil siswa pada siklus II sebesar 2.86 dengan kategori Sangat Baik. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah dasar Negeri 116/IV Kecamatan Kota Baru Kota Jambi telah tercapai dengan baik. dan menyarankan agar guru menerapkan Strategi pembelajaran Card Sort dalam Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Pembelajaran, Card Sort, Tematik, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:06
Last Modified: 06 Oct 2020 04:06
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4856

Actions (login required)

View Item View Item