UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

EKA SUMARNI, TPG.151664 and Mahluddin, Mahluddin and Fatmawati, Kiki (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
Eka Sumarni_PGMI - eka sumarni.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui media puzzle dalam pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi yang berjumlah 21 siswa. Pada saat prasiklus atau sebelumnya dilakukan tindakan keaktifan siswa belajar siswa sebesar 2,3% dengan kategori kurang aktif, setelah dilakukan tindakan siklus I skor keaktifan belajar siswa naik menjadi 3,7% dengan kategori mendekati aktif. Dan meningkat sangat signifikan pada siklus II dengan skor nilai keaktifan belajar siswa menjadi 4,2% dengan kategori mendekati sanagt aktif. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan media puzzle dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan Belajar, Pembelajaran Tematik, Media Puzzle.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:06
Last Modified: 06 Oct 2020 04:06
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4855

Actions (login required)

View Item View Item