PENGARUH TREND FASHION DAN PERGAULAN TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Rahayu, Septi and Pangiuk, Ambok and Badaruddin, Badaruddin (2020) PENGARUH TREND FASHION DAN PERGAULAN TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Trend Fashion dan Pergaulan Terhadap Gaya Hidup Konsumtif pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
repository skripsi SEPTI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui pengaruh Trend Fashion terhadap gaya hidup konsumtif pada subjek penelitian, 2) Untuk mengetahui pengaruh Pergaulan pada subjek penelitian. Penelitian ini akan memfokuskan pada perilaku konsumtif pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN STS Jambi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1585 mahasiswi angkatan 2016-2019. Tehnik sampling menggunakan purposive sampling sebanyak 94 responden. Tehnik pengambilan data menggunakan kuisioner yang terkandung 20 item pernyataan yang diukur menggunakan skala Likert 1 sampai 5 dan diuji oleh validitas dan realibilitas. Tehnik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian : Dari uji secara sendiri-sendiri diperoleh bahwa variabel Trend Fashion (X1) berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumtif (Y) karena T hitug > T tabel atau 1.696 > 1.665. Jika Trend Fashion membuat tingakat gaya hidup konsumtif meningkat, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak atau dengan kata lain ahwa variabel trend fashion mempunyai pengaruh signifikan terhadap Gaya Hidup Konsumtif. Kemudian dari variabel pergaulan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Gaya Hidup Konsumtif (Y) karena T hitung > T tabel atau 24.966 > 1.665, jika Pergaulan membuat Gaya Hidup Konsumtif meningkat , maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak atau dengan kata lain bahwa variabel Pergaulan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Nilai adjusted R square yaitu menunjukan bahwa 87,1% variabel gaya hidup konsumtif dapat dijelaskan oleh seluruh variabel yang diigunakan dalam penelitian ini yaitu Trend fashion dan Pergaulan. Sedangkan 12,9 % variabel Gaya Hidup Konsumtif dijelaskan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Trend Fashion, Pergaulan, Gaya Hidup Konsumtif
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:06
Last Modified: 05 Oct 2020 03:06
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item