KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDIDIK AKHLAKUL KARIMAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 MUARO JAMBI

Ilma Isnaini, Sri and Nasrun, Nasrun and Ubaidah, Siti (2019) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDIDIK AKHLAKUL KARIMAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TP151469_SRI ILMA ISNAINI_PAI - Sri ilma Isnaini.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi guru dapat memberikan kontribusi atas peningkatan prestasi belajar mampu menjadi teladan aktif kreatif inovatif dan mempunyai integritas yang tinggi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam mendidik akhlakul karimah siswa di sekolah menengah pertama negeri 5 Muaro Jambi, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam , kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam SMPN 5 Muaro jambi, Guru Pendidikan agama islam di SMPN 5 Muaro Jambi dikatakan sudah memiliki kompetensi kepribadian baik, saat mengajar, beliau mampu menyampaikan pelajaran dengan baik kepada siswa dan beliau memiliki kedisiplinan tinggi, sedikit tegas dan memiliki rasa penyanyang terhadap siswa. (2) Metode pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SMPN 5 Muaro Jambi yaitu mengedepankan tentang pengajaran pendidikan agama terutama pelajaran pendidikan agama Islam jadi setiap pelajaran yang diajarkan itu diberi tambahan dengan nilai-nilai agama dan sebelum memulai peroses pembelajaran dimulai guru selalu memberikan wejangan-wejangan kepada siswanya. (3) Faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan meningkatkan akhlakul karimah siswa di Sekolahan yaitu: faktor pendukung yang dihadapi tersebut adalah, pertama, adanya fasilitas masjid yang dekat dengan sekolah. Kedua, adanya program pondok pesantren. Adapun faktor penghambatnya adalah kurang adanya kesadara anak didik dan juga faktor luar lingkungan sekolah siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: kompetensi guru prestasi belajar siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sukardiono Lee S.IP
Date Deposited: 01 Oct 2020 07:15
Last Modified: 01 Oct 2020 07:15
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item