STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Ayu Nur Sholeha, Ide and Khadijah, Khadijah and Constantin, Constantin (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TP151368_IDE AYU NUR SHOLEHA_PAI - Sup Prapno.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi pembelajaran Ilmu Tajwid di Ma’had AlJami’ah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif melalui instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa strategi pembelajaran ilmu tajwid di Ma’had Al-Jami’ah adalah ustadzah mempersiapkan siasat pembelajaran agar pembelajaran menjadi aktif, interaktif dan menyenangkan. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode yang bervariasi sehingga pelajaran tidak terkesan kaku dan membosankan. Kendala pembelajaran Ilmu Tajwid terdapat pada latar belakang pendidikan mahasantri yang berbeda, kurangnya tempat belajar dan kurangnya waktu pembelajaran. Agar pembelajaran tetap berjalan dengan kondusif, upaya ustadzah dalam mengatasi kendala pembelajaran Ilmu Tajwid adalah dengan memberikan motivasi kepada mahasantri untuk memiliki kemauan dan tekad yang kuat untuk belajar ilmu tajwid. Hal ini diupayakan agar mahasantri tidak merasa ada perbedan meskipun diantara mereka memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, mengoptimalkan tempat belajar sebelum pembelajaran dimulai serta menambah jam belajar di waktu senggang atau hari libur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi, Pembelajaran dan Ilmu Tajwid
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sukardiono Lee S.IP
Date Deposited: 01 Oct 2020 07:06
Last Modified: 01 Oct 2020 07:06
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4816

Actions (login required)

View Item View Item