STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN SISWA MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI

Agung Tristiyono, Diki and Hidayat, Hidayat and Aziz, Djisman (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN SISWA MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TP151346_Diki Agung Tristiyono_PAI - Diki Agungt07.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh beberapa kelas yang sering kali tidak melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di sekolah, padahal pihak sekolah sudah memberikan himbauan kepada seluruh siswa bahwa ketika sudah masuk istirahat kedua semua siswa wajib untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, namun demikian mereka malah asik bermain dengan teman sekelas atau jajan ke kantin bersama teman-temannya. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru pembimbing keagamaan dalam mengatasi permasalahan siswa yang selalu saja susah untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu : siswa kelas VII B dan VII C, dan Guru Pendidikan Agama Islam data sekunder yaitu : Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru pembimbing keagamaan dapat dikatakan berhasil karena setelah dicoba dengan himbauan, teguran, sanksi dan absen ternyata respon siswa sangatlah bagus dan terbukti banyak siswa yang mulai rajin kembali melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di sekolah. Adapun yang menjadi kendala adalah ketika listrik padam dan air untuk wudhu tidak terisi maka proses shalat berjamaah tidak bisa dilakukan dan juga kapasitas mushola yang kecil sehingga tidak mampu menampung banyaknya jumlah siswa dalam sekali pelaksanaan shalat berjamaah. Solusinya adalah dengan melakukan kerjasama yang baik antar warga sekolah bahu membahu agar dapat mengatasi masalah yang ada, saling mengingatkan jika air dalam bak kosong agar segera di isi, dan juga dengan melaksanakan shalat seacara bergantian supaya semua warga sekolah dapat melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di sekolah. Kata kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, menegakkan kedisiplinan, Siswa, shalat Dzuhur berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sukardiono Lee S.IP
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:54
Last Modified: 01 Oct 2020 06:54
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4814

Actions (login required)

View Item View Item