PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MAHDALIYAH KECAMATAN KOTA BARU JAMBI

SAYUTI, ABDURRAHMAN and Jamil, Zawaqi Afdhal and Istofa, Dian Nisa (2020) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MAHDALIYAH KECAMATAN KOTA BARU JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MAHDALIYAH KECAMATAN KOTA BARU JAMBI)
FILE pDf SKRIPSI. Abdurrahansayuti.2020.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di madrasah tasyanawiyah mahdaliyah kecamatan kota baru jambi. Dengan demikian rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di madrasah tasyanawiyah mahdaliyah kecamatan kota baru jambi ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peran kepemimpinan kepala Sekolah dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an, gaya Kepempimpinan Kepala sekolah, serta kendala-kendala kepala sekolah dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di madrasah tasyanawiyah mahdaliyah kecamatan kota baru jambi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh langsung dari responden dari meneliti peran kepemimpinan kepala sekolah yaitu dengan analisisa data. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meneliti peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di madrasah tasyanawiyah mahdaliyah kecamatan kota baru jambi sudah terlaksana, dibuktikan dengan : setiap hari senin sampai dengan kamis sebelum memulai proses belajar mengajar selalu membaca Al-Qur’an setiap kelasnya, setiap hari jum’at sebelum memulai proses belajar mengajar selalu membaca zikir almatsurah, sholat dhuha dan tadarus Al- Qur’an Kesimpulan penelitian ini, peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di madrasah tasyanawiyah mahdaliyah kecamatan kota baru jambi dalam pengembangan peran kepala sekolah sebagai pemimpin, beliau selalu membina, mengarahkan dan mengambil tindakan sesuai dengan program sekolah demi mewujudkan visi dan misi sekolah. Dalam wawancara kepala sekolah melakukan beberapa hal dalam membina membaca Al-Qur’an yaitu dengan kemampuanya yaitu : kepribadian, kemapuan memberi arahan, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan mengambil tindakan, dan kemampuan komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Role of Leadership, Development, Reading Culture
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 05 Oct 2020 11:30
Last Modified: 07 Oct 2020 02:21
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4782

Actions (login required)

View Item View Item