MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

APRILLAH, APRILLAH and Ahmad, Saidah and Azim, Fauzan (2020) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Meningkatkan Kreativitas Belajar Siwa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PIcture And Picture Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV Di Madarasah Ibtidaiyan Nurul Ittihad Kota Jambi)
SKRIPSI_APRILLAH.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di MI Nurul Ittihad Kota jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Nurul Ittihad Kota jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan Tipe Picture And Picture Melalui pendekatan Kooperatif pada mata pelajaran Bahasa arab untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV MI Nurul Ittihad Kota jambi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Obsevasi, (4) Refleksi. Data diperoleh melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Tipe Picture And Picture dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 66% dan siklus II 80,5%. Sedangkan peningkatan hasil kreativitas belajar siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil kreativitas belajar siswa pada siklus I sebesar 3,04 dengan ketegori “mendekati kreatif” dan hasil kreativitas belajar siswa pada siklus II sebesar 4,16 dengan ketegori “mendekati sangat kreatif”. Dengan demikian hasil penelitian ini di MI Nurul Ittihad Kota jambi telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pendekatan Kooperatif, Picture And Picture, Kreativitas Belajar.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:29
Last Modified: 25 Sep 2020 02:29
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4761

Actions (login required)

View Item View Item