KECERDASAN EMOSIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI PELAKSANAAN IBADAH PRAKTIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI

Haniah, Qoirothul and Rafiq, Muhammad and Indriyani, Tuti (2020) KECERDASAN EMOSIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI PELAKSANAAN IBADAH PRAKTIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Kecerdasan Emosional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi pelaksanaan Ibadah Praktis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi)
Qoirothul Haniah, TP.161557.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang mengamalkan program dan melaksanakan kegiatan ibadah, siswa masih kurang kesadaran akan pentingnya sholat berjamaah. Dan ketika pelaksanaan pembiasaan membaca Al￾Quran siswa masih banyak yang belum lancar membaca Al-Quran, kurangnya pengawasan orang tua di rumah terhadap ibadah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru PAI, data skunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,Dokumentasi,data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk Kecerdasan Emosional Guru PAI dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Zuhur Berjamaah dan Pembiasaan Membaca Al-Quran Siswa SMPN 13 Kabupaten Tebo yaitu kemampuan guru dalam mengenali emosi diri, pengendalian diri, memotivasi diri, empati dan membina hunbungan guna memberikan wadah bagi para peserta didik untuk lebih memperhatikan perilaku mereka. Secara tidak langsung peserta didik akan mengikuti apa yang guru lakukan.Seperti Memberikan Nasehat, Tanggung Jawab,memberi contoh tauladan, pembiasaan dan latihan, siswa akan aktif melakukan shalat zuhur berjamaah dan belajar membaca Al-Quran . Kendala yang dihadapi Guru PAI dalam pelaksanaan ibadah Sholat Zuhur Berjamaah dan Pembiasaan Membaca Al-Quran Siswa SMPN 13 Kabupaten Tebo yaitu siswa cenderung terpengaruh dengan media masa dan lingkungan, terpengaruh dengan latar belakang pendidikan orang tua, terkadang dari sifat anak yang malas. Upaya Guru PAI dalam memotivasi pelaksanaan ibadah sholat zuhur berjamaah dan pembiasaan membaca Al-Quran Siswa SMPN 13 Kabupaten Tebo yaitu pemberian motivasi, pemberian bimbingan, membuat agenda sholat dan selalu diingatkan diwaktu setiap sholat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi
Subjects: 000 Karya Umum
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:20
Last Modified: 19 Nov 2020 02:20
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item View Item