PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 MUARO JAMBI

Dina, Nur Hijratul and Rapiko, Rapiko and Walid, Abul (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_NUR_HIJRATUL_DINA_TM161334_WATERMARK-1[1].pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan LKPD berbasis problem solving pada materi keliling dan luas lingkaran kelas VIII memenuhi kriteria valid, menarik, sangat praktis, dan efektif. Model yang digunakan adalah ADDIE yaitu (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain / Perencanaan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi / Ujicoba), (5) Evaliation (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek kevalidan LKPD ini adalah angket penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Untuk mengukur aspek kemenarikan menggunakan angket penilaian respon pendidik. Untuk mengukur aspek kepraktisan menggunakan angket penilaian respon peserta didik dan untuk mengukur aspek keefektifan menggunakan tes hasil belajar peserta didik yang terdiri dari 5 soal.Kevalidan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 5 untuk setiap pernyataan oleh validator yaitu ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, LKPD ini diberikan nilai 4,0dan dikategorikan Valid,sehingga LKPD dapat diujicobakan. Kepraktisan LKPD berdasarkan angket respon peserta didik dengan skor maksimal 5 untuk setiap pernyataan, rata-rata skor yang diperoleh dari respon peserta didik adalah 4,26 dikategorikan Sangat Praktis. Keefektifan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari nilai tes hasil belajar dengan memberikan 5 soal kepada peserta didik kelas VIII SMPN 5 Muaro Jambi diperoleh persentase ketuntasan sebesar 64,3 dikategorikan Efektif. Kemenarikan LKPD berdasarkan angket respon pendidik diperoleh rata-rata sebesar 4,15 dan memperoleh kategori Menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengembangan LKPD, Problem Solving, valid, Sangat Praktis, Efektif, dan Menarik.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:48
Last Modified: 18 Sep 2020 07:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4729

Actions (login required)

View Item View Item