MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI DI TAMAN KANAK-KANAK MELATI 2 TELANAIPURA KOTA JAMBI

Megawati, Rayzah and Jamil, Zawaqi Afdal and K, Nurmalia (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI DI TAMAN KANAK-KANAK MELATI 2 TELANAIPURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lompat tali di taman kanak-kanak melati 2 Telanaipura Kota Jambi)
SKIPSI WATERMARK ICHA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi membahas tentang kemampuan motorik kasar anak kelompok A TK Melati 2 Telanaipura Kota Jambi, dapat ditingkatkan melalui kegiatan lompat tali. Permasalahan yang ada di dalam TK Melati 2 yaitu keseimbangan pada anak dan guru kurang memanfaatkan pembelajaran outdoor untuk mengembangkan motorik kasar anak. Peneliti melakukan metode penelitian tindakan kelas. Peningkatan yang terjadi dapat terlihat dari tahap penelitian, yaitu observasi yang dilakukan saat pratindakan, pelaksanaan tindakan pada Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas A TK Melati 2 Telanaipura Kota Jambi, terhadap tema Diri Sendiri dan Negaraku. Hal ini dapat diketahui dari pra siklus, siklusI, siklusII, persentase prasiklus 70% BB, 30% MB, dan pada siklus I 40% BB, 20% MB, 20% BSH, 20% BSB, dan siklus II 0 % BB, 10% MB, 10% BSH, 80% BSB. Dengan demikian hasil penelitian di Taman Kanak-Kanak Melati 2 Telanaipura Kota Jambi telah mencapai ketuntasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Meningkatkan kemampuan motorik kasar, permainan tradisional, lompat tali
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:49
Last Modified: 11 Nov 2020 06:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item