PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN KOTA JAMBI

Sellah, Feny and Idris, Ilyas and Fatmawati, Kiki (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN KOTA JAMBI)
FENY SELLAH TPG161878 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas V.4 MIN Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di MIN Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.4 di MIN Kota Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture And Picture dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analysis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture And Picture dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Dengan nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68,4% dan siklus II sebesar 86,3%. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan belajar siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, keaktifan siswa pada pra siklus skor nilai keaktifan siswa sebesar 2,3 dengan kategori “kurang aktif” kemudian pada siklus I sebesar 3,3 dengan kategori “cukup aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 4 dengan kategori “aktif”. Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan belajar, Picture And Picture, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:28
Last Modified: 26 Oct 2020 03:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item View Item