MANAJEMEN PERUBAHAN PENDIDIKAN TINGGI ISLAM MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY DI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU DAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Bashori, Bashori and Mukhtar, Mukhtar and Muntholib, Muntholib (2020) MANAJEMEN PERUBAHAN PENDIDIKAN TINGGI ISLAM MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY DI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU DAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG. Disertasi thesis, UIn Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (MANAJEMEN PERUBAHAN PENDIDIKAN TINGGI ISLAM MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY DI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU DAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG)
Bashori.pdf - Published Version

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model manajemen perubahan pendidikan tinggi Islam menuju World Class University. Serta mengapa manajemen perubahan pendidikan tinggi Islam belum mampu membawa perguruan tinggi Islam menjadi World Class University (WCU). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan historis, fenomenologis, dan studi kasus. Penggunaan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan member chek, purposive sampling, Miles & Hubermen, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang melatarbelakangi manajemen perubahan pendidikan tinggi Islam belum mampu menghantarkan perguruan tinggi Islam menjadi World Class University (WCU) adalah; 1) Secara reputasi dan perangkingan UIN Suska Riau dan UIN Bandung masih memiliki reputasi yang rendah secara global. Meskipun dalam aspek tertentu keduanya memiliki keunggulan; 2) Baik UIN Riau dan UIN Bandung belum memiliki pengembangan WCU secara jelas dan terukur; dan 3) Orientasi dorongan menjadi WCU masih dalam tatanan self declaration dan belum didukung oleh kelayakan pencapaian WCU; 4) WCU adalah media (washilah) pengembangan kelembagaan pendidikan Islam, dan bukan tujuan utama (ghoyyah); 5) Tidak ada satu dorongan sekalipun yang mengkhususkan terjadinya proses perubahan karena kebutuhan World Class University. Selanjutnya, hasil penelitian ini memberikan alternatif strategi perubahan menuju World Class University melalui; 1) Pengembangan (Upgrading); 2) Penggabungan (Merging); dan 3) Pendirian institusi baru (Creating). Implikasi penelitian ini memberikan beberapa strategi perubahan menuju WCU yang lebih bervariatif yaitu: 1) Pengembangan (Upgrading) kelembagaan; 2) Penggabungan (Merging) kelembagaan; 3) Penggabungan & Pengembangan (Mer-Up) kelembagaan; dan 4) Pendirian institusi baru (Creating).

Item Type: Thesis (Disertasi)
Keywords / Katakunci: Manajemen Perubahan, Pendidikan Tinggi, World Class University
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Doktoral > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2020 07:28
Last Modified: 31 Aug 2020 07:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4616

Actions (login required)

View Item View Item