KOMPETENSI KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN POTENSI DESA (STUDI KASUS DI DESA MUARA MADRAS KECAMATAN JANGKAT KABUPATEN MERANGIN)

Saiful Hadi, SIP141506 and Miftah, A. A and Kusnadi, Dedek (2018) KOMPETENSI KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN POTENSI DESA (STUDI KASUS DI DESA MUARA MADRAS KECAMATAN JANGKAT KABUPATEN MERANGIN). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SIP141506,Saipul Hadi, Ilmu Pemerintahan - Hindra Ip.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap kompetensi kepala desa dalam pemberdayaan potensi Desa Desa Muara Madras Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. Sebagai tujuan antaranya untuk mengetahuikompetensi kepala desa dalam pemberdayaan potensi Desa, faktor penghambat kompetensi kepala desa dalam pemberdayaan potensi Desa dan upaya kepala desa dalam pemberdayaan potensi Desa Muara Madras. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat tiga kompetensi kepala desa dalam pemberdayaan potensi Desa Muara Madras, diantaranya Kompetensi Kepala Desa dalam Melibatkan Partisipasi Masyarakat, Kompetensi Kepala Desa dalam Perencanaan Pemberdayaan Masyarakat, Kompetesi Kepala Desa dalam Mengawasi Pemberdayaan Masyarakat; (2) Kendala yang ada dalam pemberdayaan potensi desa di Desa Muara Madras di antaranya; terbatasnya Anggaran dan SDM yang memadai, di mana anggaran yang dimiliki pemerintah Desa Muara Madras tebatas dalam alokasi sektor penunjang pemberdayaan potensi Desa yang, minimnya aliran dana dari pemerintah pusat dan banyaknya pembangunan yang harus diselesaikan di Desa Muara Madras pun menjadi permasalahan yang berkepanjangan, ditambah lagi minimnya kualitas SDM dan sehingga tidak adanya pemikiran yang baru dan mencerahkan masih terbatas sehingga menjadi kendala dalam pemberdayaan potensi desa di Desa Muara Madras. (3) Upaya Kepala Desa dalam pemberdayaan potensi Desa Muara Madras, di antaranya mengikuti pelatihan, di mana untuk meningkatkan profesionalisme kerja, lebih aktif dan efisien dalam menjalankan tugasnya dan melahirkan pemikiran dan wawasan yang baru dalam mengembangkan potensi desa yang ada dan peningkatan disiplin kerja, di mana dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja pemerintah Desa Muara Madras dalam melaksanakan tugas sehari-harinya senantiasa patuh dan menunjukan prestasi kerja yang tinggi, sehingga memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan Desa Muara Madras itu sendiri..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. A. Miftah (I) Dedek Kusnadi (II)
Keywords / Katakunci: Kompetensi, Kepala Desa, Pemberdayaan, Potensi Desa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:33
Last Modified: 28 Jan 2020 04:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item