DAMPAK PENGHAPUSAN PEMBANTU PEGAWAI PENCATAT NIKAH (P3N) TERHADAP PELAYANAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) (STUDI DI DESA KUTO TANJUNG KECAMATAN ULU RAWAS KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA TAHUN 2016-2017)

Elfi Kasmila, SIP141719 and Rahmadi, Rahmadi and Alhusni, Alhusni (2018) DAMPAK PENGHAPUSAN PEMBANTU PEGAWAI PENCATAT NIKAH (P3N) TERHADAP PELAYANAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) (STUDI DI DESA KUTO TANJUNG KECAMATAN ULU RAWAS KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA TAHUN 2016-2017). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SIP141719 ELFI KASMILA ILMUPEMERINTAHAN - elfi kasmila.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penghapusan P3N di tingkat Desa terhadap masyarakat Desa Kuto Tanjung dan pengaruh terhadap pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulu Rawas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tehnik analisis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data primer yang didapat dari hasil wawancara yang berkaitan dengan SOP dan arsip pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulu Rawas, serta pengumpulan data skunder didapat dari kajian pustaka dan dokumen terkait dengan Kantor Urusan Agama (KUA). Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak dari penghapusan P3N ditingkat desa terhadap pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA), bagi masyarakat sangat berpegaruh karna mengurus suatu penikahan tanpa P3N sekarang sangatlah sulit, karna harus datang sendiri kekantor KUA tersebut, dan dampak terhadap pelayanan dikantor KUA yaitu pegawai kantor KUA mau pun kepala KUA merasa kualahan mengurus penikahan dengan turun kelapang nya langsung. Dan ada juga dampak dari penghapusan P3N terhadap masyarakat setempat yaitu Penghapusan P3N, ternyata membuat warga bingung sebab, peran P3N dirasakan masih sangat penting, tak hanya urusan pernikahan tetapi P3N juga berperan dalam urusan keagamaan lainnya.Kecamatan ini ada 7 desa dan 1 kelurahan, asumsikan saja jika satu hari ada 6-10 pasangan menikah, apakah bisa KUA mengurus secara serempak, tanya salah satu masyarakat desa kuto tanjung. Dengan kondisi kabupaten ini yang terdiri dari 7 kecamatan dan 89 desa yang tersebar di wilayah ini. Beberapa desa berjarak sangat jauh dari kantor KUA di kecamatan, begitu menyusahkan bagi warga yang hendak melangsungkan pernikahan atau sebaliknya bagi petugas KUA untuk menjalankan tugasnya.Hal ini di sebab kan di Kecamatan Ulu Rawas tidak ada penghulunya, maka prosedur pelayanan tidak sesuai dengan ada nya visi dan misi Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Ulu Rawas, akan tetapi didalam kepentingan ideal terdapat kepentingan material yang serupa kinerja pegawai dalam prosedur pelayanan terdapat kenegatifan yang mengakibat kan kurangnya manajemen didalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Sehingga hal tersebut akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, supaya masyarakat tidak mengeluh lagi terhadap pelayan di Kantor KUA Kecamatan Ulu Rawas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmadi (I) Alhusni (II)
Keywords / Katakunci: P3N, prosedur pelayanan, pelayanan, KUA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:21
Last Modified: 28 Jan 2020 04:25
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item