PERAN SERTA PEREMPUAN DALAM MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DI DESA TELUK KIJING KECAMATAN NIPAH PANJANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

Firwan, May and Yuliati, Yuliati and Fuhaidah, Ulya (2018) PERAN SERTA PEREMPUAN DALAM MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DI DESA TELUK KIJING KECAMATAN NIPAH PANJANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SIP141751 MAY FIRWAN ILMU PEMERINTAHAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN - Firwan 00.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap peran serta perempuan dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di Desa Teluk Kijing Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang dilatar belakangi dengan masih kurangnya peranan serta keikutsertaan dan keterlibatan perempuan dalam Musrenbang. Sebagai tujuan antara lain adalah ingin mengetahui Tata Cara Musyawarah Perencanaan Pembangunan, Ingin mengetahui kendala dalam peran serta perempuan terhadap Musrenbang, dan Ingin mengetahui keterlibatan dan peran serta perempuan dalam Musrenbang di Desa Teluk Kijing Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Skripsi ini menggunakan pendekatan sosial dan menggunakan juga penelitian jenis kualitatif deskriftif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dihasilkan hasil dan kesimpulan sebagai berikut: pertama, musrenbang yang dilakukan mulai dari proses pengumpulan dan pendataan dari tingkat paling rendah yaitu rukun tetangga sampailah kepada musrembang ketingkat kabupaten/kota, dan dilanjutkan kepada Musrenbang tingakt daerah atau provinsi hingga menuju musrenbang nasional. Kedua, kendala kendala dalam peran serta perempuan terhadap Musrenbang di desa teluk kijing ini antara lain adalah masih sangat sedikit perempuan yang ikut serta yang dikarenakan salah satu faktornya adalah latar pendidikan. Ketiga, keterlibatan dan peran serta perempuan dalam Musrenbang di Desa Teluk Kijing ini sangatlah diharapkan dan sangat berperan dan berpengaruh terhadap pembangunan desa teluk kijing karena sebagian besar pembangunan ada keikutsertaan perempuan didalamnya, salah satu contoh keterlibatan perempuan adalah pembangunan posyandu yang didalamnya lebih berperan perempuan untuk masyarkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yuliati (I) Ulya Fuhaidah (II)
Keywords / Katakunci: Peran Serta Perempuan, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:04
Last Modified: 30 Oct 2019 02:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item