PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AN-NAHL PERCIKAN IMAN KECAMATAN TELANAI PURA KOTA JAMBI

Saswin, Larasati Rizki and Muhsinin, Umil and Asmawati, Asmawati (2020) PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AN-NAHL PERCIKAN IMAN KECAMATAN TELANAI PURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Proses Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Kecamatan Telanai Pura Kota Jambj)
TRA162004-Larasati Rizki Saswin.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dalam berjalannya kegiatan belajar mengajar, untuk mengetahui penerapan proses pembelajaran di TK IT An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2020 sampai Maret 2020. Subjek penelitian ini adalah guru kelas B3 TK IT An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru-guru lainnya di TK IT An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di TK IT An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pertama perencanaan, kedua pelaksanaan dan yang ketiga evaluasi/penilaian. Perencanaan pembelajaran guru sudah melakukannya dengan baik sesuai dengan indikator yaitu: Tersedianya Kurikulum, program tahunan (PROTA), program semester (PROSEM), RKM, RPPH, dan SOP. Tahap pelaksanaan pembelajaran terdiri dari Kegiatan Pembukaan di luar, Kegiatan Transisi, istirahat snack time, Kegiatan sentra (Pijakan Sebelum Main, Pijakan Saat Main, dan Pijakan Setelah Main), Istirahat makan siang dan Penutup. Model pembelajaran yang digunakan adalah sentra, adapun sentra yang diterapkan yaitu sentra life skill, peran, persiapan dan balok. Metode pembelajaran disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dan ketiga pada tahap evaluasi guru melakukan beberapa teknik penilaian yaitu penilaian observasi, unjuk kerja, penilaian hasil karya dan anekdot. Penilaian yang dilakukan dimulai saat anak datang sampai pulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ActorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Keywords / Katakunci: Proses Pembelajaran, Anak Usia Dini
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:28
Last Modified: 01 Sep 2020 02:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4547

Actions (login required)

View Item View Item