Analisis Miskonsepsi Fisika Dengan Two-Tier Diagnostic Test Dilengkapi Certainty Of Response Index (CRI) Pada Siswa Kelas X Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi

Rika Ramadhanty S, TF161176 and Gusmira, Eva and Sulman, Fauzan (2020) Analisis Miskonsepsi Fisika Dengan Two-Tier Diagnostic Test Dilengkapi Certainty Of Response Index (CRI) Pada Siswa Kelas X Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Analisis Miskonsepsi Fisika Dengan Two-Tier Diagnostic Test Dilengkapi Certainty of Response Index (CRI) Pada Siswa Kelas X Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi)
TF 161176 Analisis Miskonsepsi Fisika Dengan Two Tier Diagnostic Test Dilengkapi CRI- Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Mengidentifikasi miskonsepsi atau ketidaksesuaian konsep harus dilakukan sedini mungkin agar tidak menyebabkan terjadinya ketidaksesuaian konsep yang berkelanjutan pada materi-materi fisika yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi peserta didik di SMA Negeri 1 Muaro Jambi dan penyebab miskonsepsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian campuran (mixed-method research) dengan tahap awal yaitu metode kuantitatif dan dilanjutkan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan terhadap 154 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi menggunakan instrumen berupa tes diagnostik berformat two-tier (dua tingkat) disertai tingkat keyakinan siswa dan wawancara. Teknik sampling pada metode kuantitatif adalah total sampling dan pada metode kualitatif adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata miskonsepsi yang dialami siswa pada materi Hukum Newton tentang Gerak digolongkan dalam kategori sedang karena >30% yaitu sebesar 51.65%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Miskonsepsi, Mixed-Method Research, Two-Tier Diagnostic Test, Hukum Newton tentang Gerak
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 Aug 2020 01:55
Last Modified: 24 Aug 2020 01:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4525

Actions (login required)

View Item View Item