HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA NURURRODHIYAH KOTA JAMBI

Utami, Febby Erwina and Hurmaini, Hurmaini and Asiani, Rosi Widia (2020) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA NURURRODHIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Febby erwina Utami - TM161294.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan data hasil nilai Ulangan harian Matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah swasta Nururrodhiyah Kota Jambi, menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa cukup besar, yang mendapatkan nilai tertinggi dan terendah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya motivasi pada siswa dan gaya belajar yang berbeda, yang mrnyebabkan hasil belajar yang berbeda pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : (1) Adakah hubungan antara motivasi dengan hasil belajar Matematika siswa Madrasah Aliyah Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi ?. (2) Adakah hubungan antara Gaya belajar dengan Hasil belajar Matematika siswa Madrasah aliyah swasta Nururrodhiyah Kota Jambi ?. (3) Adakah hubungan antara motivasi dan Gaya belajar terhadap Hasil belajar Matematika siswa Madrasah Aliyah Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi ?. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar Matematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan ex-post facto. Sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 16 siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Kota Jambi, dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini Angket, dan Dokumentasi. Data penelitian diperoleh dari angket Motivasi, angket gaya belajar, dan Dokumentasi nilai UTS semester genap tahun ajaran 2019/2020 sebagai hasil belajar Matematika. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan SPSS 22, sehingga didapat keputusan hipotesis hubungan antara motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar Matematika Madrasah Aliyah Swasta Nururrodhiyah Kota Jambu berdasarkan korelasi multivariat diperoleh persamaan Y= 0,566X1 + 0,241X2 + 11,747. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan yang terbentuk positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Motivasi, Gaya belajar, Hasil belajar, Matematika.
Subjects: 000 Karya Umum
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:09
Last Modified: 18 Sep 2020 08:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4480

Actions (login required)

View Item View Item