PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD SPS AMAL INSANI DI KELURAHAN TUNGKAL HARAPAN KUALA TUNGKALTANJUNG JABUNG BARAT

Eriani, Fazmi and Jailani, Syahran and Yusria, Yusria (2020) PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD SPS AMAL INSANI DI KELURAHAN TUNGKAL HARAPAN KUALA TUNGKALTANJUNG JABUNG BARAT. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TESIS Hj. Fazmi Eriani Watermark.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Sosial Emosional Anak di PAUD SPS Amal Insani dengan Penggunaan Media Boneka Jari Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pola kolaboratif yang menggunakan model Kurt Lewin yang menjadikan komponen acting dan observing dijadikan satu kesatuan karena keduanya satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dengan langkah-langkah yang terdiri dari: a) Perencanaan (planning), b) Tindakan (action), c) Pengamatan (observing) dan d) Refleksi (reflecting) Berdasarkan hasil penelitian tindakan siklus pertama 5 orang murid atau 21,54%, mulai berkembang 8 orang anak atau 34, 78% berkembang sesuai harapan 8 orang anak atau 34,78% dan berkembang sangat baik tetap 2 orang atau 8,70% Pada siklus kedua, anak yang masuk katagori Belum Berkembang (BB) ada 2 orang anak atau 8,70%, . murid yang masuk dalam katagori mulai berkembang (MB) sebanyak 3 orang anak atau 13%, anak yang masuk dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH).ada 10 orang anak atau 43,48% sementara anak yang masuk dalam katagori berkembang sangat baik (BSB). Mencapai 8 orang murid atau 34, 79% Pada siklus III, anak yang masuk dalam katagori belum berkembang hanya 2 orang anak atau 8,70%, murid yang masuk dalam katagori mulai berkembang (MB) sebanyak 2 orang anak atau 8,70%, anak yang masuk dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH).ada 6 orang anak atau 26,08% katagori berkembang sangat baik (BSB). Mencapai 13 orang murid atau 56, 52%. Dengan menerapkan pembelajaran dengan boneka jari dapat memfungsikan manfaat dari media itu sendiri, terbukti diterapkan pembelajaran tersebut, penyampaian pesan tersampai dibuktikan dengan adanya kemapuan anak dari pra siklus hingga siklus ketiga terus mengalami peningkatan,. Hal ini mengindikasikan anak belajar10 lebih senang, lebih menarik, lebih interaktif dan semua faktor pendukung keberhasilan pembelajaran dapat diwujudkan

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Boneka Jari, Sosial Emosional, dan Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:26
Last Modified: 11 Aug 2020 04:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item View Item