OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV MI AN-NIZHAM KEC. TELANAIPURA KOTA JAMBI

Juliana, Resi and Idris, Ilyas and Mukminin, Amirul (2020) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV MI AN-NIZHAM KEC. TELANAIPURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Optimalisasi pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di MI An-Nizham Telanaipura Kota Jambi)
TPG161946- Optimalisasi pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di MI An-Nizham Telanaipura Kota Jambi.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di Kelas IV MI An-Nizham Telanai Pura yang disebabkan oleh rendahya kulialitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana kurangnya metode, model maupun strategi yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran Tematik ini menimbulkan kebosanan pada siswa dan siswa menjadi pasif saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengambil latar di MI An-Nizham Telanai Pura, sedangkan objek penelitian ini adalah optimalisasi pembelajaran Tematik dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Tema Cita-Citaku. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencangkup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dapat di ukur dari evaluasi siklus I, dan Siklus II. Dengan nilai keaktifan belajar siswa pada pra siklus sebesar 43,8%, siklus I sebesar 73% dan siklus II 91%. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan siswa dengan menggunakan lembar angket dapat di ukur dari setiap siklusnya, siklu I sebesar 76,2% dengan katagori “mendekati aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 94,2% dengan katagori “Mendekati Sangat aktif”. Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Telanai Pura Kota Jambi telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:33
Last Modified: 10 Aug 2020 06:33
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4451

Actions (login required)

View Item View Item