PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

Leleski, Remi and Idris, Ilyas and Ikhtiati, Ikhtiati (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI)
SKRIPSI REMI LELESKI TPG.161943.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran problem based leraning pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran TEMATIK kelas 3 di sekolah Madrasah Ibbtidayah Nurul Ittihad Kota Jambi. Penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran TEMATIK di kelas 3 di MI Nurul ITTIHAD Ko- taJambi apa saja kesulitan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pelajaran TE- MATIK di kelas 3 Di Madrasah Ibbtidayah Nurul Ittihad Kota Jambi bagaimana solusi guru dalam mengatasi permasalahan pada proses pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibbtidayah Nurul Ittihad Kota JambI penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran TEMATIK pada perencanaan guru kelas 3 membuat Rpp, silabus serta prota. Prosem sesuai ketentuan hanya saja pada pelaksanaan guru tidak melaksanakan semua kegiatan sesuai dengan Rpp, pelaksanaan pembelajaran TEMATIK dilakukan di Jam yang pertama dan jam pertengahan setelah jam istirahat, dan evaluasi menggunakan penilaian kurikulum 2013 tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kendala yang dihadapi guru diantaranya yaitu daya tangkap siswa yang berbeda,kurang aktif,kurang memperhatikan pembelajaran ber- lansung kurangnya media pembelajaran, kemampuan menalar dasar siswa yang masih kurang dan evaluasi pembelajaran TEMATIK yang masih belum maksimal, solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang terjadi diantaranya guru di ikut sertakan pada pelatihan, mem- berikan reword dan memberikan pelajaran tambahan diluar jam pelajaran.hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat mening- katkan Keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan belajar dapat di diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dengan nilai keaktiifan belajar pada siklus I 75,3% dan siklus 90,20%. Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah ibtidayah Nurul Itti- had Kota Jambi telah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: keaktifan belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:55
Last Modified: 12 Aug 2020 02:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4443

Actions (login required)

View Item View Item