KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUTTAQIN SUNGAI DUREN

Mundia Sari, Kiki (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUTTAQIN SUNGAI DUREN. Tesis thesis, UN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (kompetensi pedagogik guru PAUD dalam melaksanakan penialain pembelajaran anak usia dini di taman kanak-kanak Al-Muttaqin sungai duren)
Kiki Mundia Sari.pdf - Published Version

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru PAUD dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini di TK al-Muttaqin Sungai Duren. Kegunaannya adalah memberikan pengetahuan dan literatur bagi para pendidik PAUD, khususnya untuk peningkatan kompetensi pedagogik dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian, yaitu: Pertama, penilaian pembelajaran anak usia dini yang dilakukan oleh guru PAUD di Taman Kanak-kanak al-Muttaqin Sungai Duren belum sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian dalam pendidikan anak usia dini, dikarenakan kompetensi pedagogik guru PAUD dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini belum optimal. Kedua, kompetensi pedagogik guru PAUD dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini di Taman Kanak-kanak al-Muttaqin Sungai Duren belum cakap dalam mengadakan alat penilaian, serta belum cakap dalam menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk melaksanakan penilaian. Ketiga, pelaksanaan penilaian pembelajaran anak usia dini yang dilakukan oleh guru PAUD di Taman Kanak-kanak al-Muttaqin Sungai Duren dengan cara pengamatan dan mengumpulkan hasil karya anak. Namun, hasil pengamatannya belum tercatat dengan alat penilaian, sehingga guru belum terbukti telah melaksanakan penilaian pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian. Kesimpulannya adalah semakin berkompetennya guru PAUD dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran anak usia dini maka akan membuktikan bahwa pembelajaran tersebut berkualitas. Sebab kualitas pembelajaran dapat ditinjau dari hasil penilaiannya. Karena penilaian merupakan tolak ukur sejauh mana perkembangan yang telah dicapai peserta didik. Adapun implikasi penilaian pembelajaran anak usia dini jika dilakukan oleh guru PAUD yang berkompeten maka hasilnya akan memberikan pengaruh terhadap ketercapaian perkembangan dan pembelajaran anak.

Item Type: Thesis (Tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMukhtar, MukhtarUNSPECIFIED
Thesis advisorJamilah, JamilahUNSPECIFIED
Keywords / Katakunci: Kompetensi pedagogik dan penilaian pembelajaran anak usia dini
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:16
Last Modified: 05 Aug 2020 03:16
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4411

Actions (login required)

View Item View Item