PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INSAN MADANI BOARDING SCHOOL KOTA JAMBI

AMELYA PERMATA SARI, TM. 161270 and El Hilali, Husni and Bestari, Hendra (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INSAN MADANI BOARDING SCHOOL KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INSAN MADANI BOARDING SCHOOL KOTA JAMBI)
skripsi Amelya Permata Sari, TM.161270.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran Talking stick terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Sekolah Menengah Pertama Insan Madani Boarding School Kota Jambi. Teknik pengumpulan data di penelitian ini melalui observasi dan tes, Penelitian ini dilakukan dengan perlakuan Quasi Experimental Design, dengan desain Postest-Only Control Design yaitu terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Dari data yang dideskripsikan ditemui nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 74 dan standar deviasinya 10,45 sedangkan rata-rata kelompok kontrol sebesar 55,5 dan sandar deviasinya 10,30. Hasil analisis di temui dengan Direct Intraction t_hitung=77,90 dan setelah membandingkan antara t_hitung dengan t_tabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% atau 2,04<77,90>2,75. Hipotesis alternatif (H_a) diterima Berarti terdapat perbedaan antara model pembelajaran Talking Stick dalam kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Sekolah menengah pertama Insan Madani Boarding School Kota Jambi. Besar pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan uji korelasi Phi dengan df sebesar 30, diperoleh r_tabel pada taraf signifikansi 5%, = 0,349 dan pada taraf signifikansi 1%, = 0,449. Sedangkan φ = 0,5636. Dengan demikian 0,349 < 0,5636 > 0,449. maka H_oditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara skor kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Talking Stick
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 04 Aug 2020 06:19
Last Modified: 04 Aug 2020 06:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item