PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK KARYA PEMBANGUNAN AL-HIDAYAH JAMBI

DWI WULANDARI GULTOM, TP. 161447 and Madani, Ahmad and Muhammad, Habib (2020) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK KARYA PEMBANGUNAN AL-HIDAYAH JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
watermark ulan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang berkembangnya metode dan sistem pengajaran mata pelajaran AKIDAH AKHLAK, serta sistematika pembelajaran yang tidak efektif dan efisien. Sehingga bagi siswa pelajaran yang disajikan oleh guru tidak menarik dan membekas dalam ingatan para siswa. Proses pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode Teacher Center atau semua pembelajaran berpusat pada guru. Metode ini berbeda dengan metode Inkuiri, metode ini digunakan untuk bertujuan agar hasil dari proses belajar mengajar lebih mantap dan memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan melalui proses Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sejalan dengan aktivitas belajar siswa yang meningkat maka, penerapan pembelajaran metode inkuiri juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Jambi pada siklus I diperoleh persentase rata -rata pada kategori sedang dengan persentase 52,24%. Pada siklus II diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rata-rata pada kategori tinggi yaitu persentase 75,68%. Pada siklus III diperoleh hasil kemampuan berpikir siswa diperoleh rata-rata persentase hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada kategori sangat tinggi dengan persentase 90%. Sehingga penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Metode inkuiri
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 04 Aug 2020 06:27
Last Modified: 04 Aug 2020 06:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4394

Actions (login required)

View Item View Item