UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA C (RINGAN) KELAS IV DI SEKOLAH LUAR BIASA PROF.DR.SRI SOEDEWI MASJCHUN SOFWAN,SH KOTA JAMBI

Molidina, Vela and Mahluddin, Mahluddin and Fatmawati, Kiki (2020) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA C (RINGAN) KELAS IV DI SEKOLAH LUAR BIASA PROF.DR.SRI SOEDEWI MASJCHUN SOFWAN,SH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA C (RINGAN) KELAS IV DI SEKOLAH LUAR BIASA PROF.DR.SRI SOEDEWI MASJCHUN SOFWAN,SH KOTA JAMBI)
TPG.161982 (UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA C (RINGAN) KELAS IV DI SEKOLAH LUAR BIASA PROF.DR.SRI SOEDEWI MASJCHUN SOFWAN,SH KOTA JAMBI).pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini membahas tentang Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita C (Ringan) Kelas IV di Sekolah Luar Biasa Prof.Dr.Sri Soedewi Masjchun Sofwan,SH Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Proses belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus Tunagrahita C kelas IV, mendeskripsikan kesulitan belajar matematika yang dialami anak Tunagrahita C (ringan) ,dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada anak Tunagrahita C ( ringan ) kelas IV. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa Prof.Dr.Sri Soedewi Masjchun Sofwan,SH Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi, wawancara, dokumentasi dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Dalam Proses belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita C kelas IV di Sekolah Luar Biasa Prof.Dr.Sri Soedewi Masjchun Sofwan,Sh Kota Jambi menggunakan pendekatan individual atau layanan individual. 2) Kesulitan belajar matematika pada anak Tunagrahita C (ringan) yaitu lambatnya pemahaman dalam bernalar dan berfikir dalam belajar serta cepat lupa kurangnya perhatian orang tua di rumah untuk meningkatkan kemampuan anaknya dan kurangnya media pembelajaran matematika yang kongkrit dan menarik.3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita C kelas IV yaitu Berusaha memberikan kesadaran kepada wali murid untuk membimbing lagi anak-anaknya belajar dirumah, berupaya memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan siswa serta adanya kerja sama antara wali murid dan guru untuk melakukan les tambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kesulitan Belajar, Matematika,Tunagrahita
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:54
Last Modified: 01 Sep 2020 03:54
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item