IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PHYSIC MYSTERIOUS PENDEKATAN PRATIKUM UNTUK MENINGKATAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT ASH SHIDDIIQI BATANG HARI

Yuni Hilalia, TF.161190 and Junaid, M. and Sukarno, Sukarno (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PHYSIC MYSTERIOUS PENDEKATAN PRATIKUM UNTUK MENINGKATAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT ASH SHIDDIIQI BATANG HARI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (implementasi model pembelajaran kooperarif physic mysterious pendekatan pratikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik kelas VIII SMP IT ASH SHIDDIIQI Batang Hari)
Fixx Yuni H.pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah yang berkaitan dengan “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Physic Mysterious Pendekatan Pratikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada peserta didik kelas VIII SMP IT ASH-SHODDIIQI Batang Hari”. Pendekatan dan metode penelitian ini adalah peenlitian tindakan kelas dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan pengumpulan data dilakukan di kelas VIII PI II dengan jumlah 29 orang siswa. Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ash-Shiddiiqi Batang Hari penelitian ini menemukan bahwa penerapan model kooperatif physic mysterious pendekatan pratikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas VIII PI II. Penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan proses sains dalam proses pembelajaran yang diukur dengan evaluasi pada siklus I dan siklis II dengan jumlah nilai rata-rata siswa pada siklus I 77,58 dan jumlah nilai rata-rata siswa pada siklus II 87,06 jumlah persentase keterampilan proses sains pada siklus I adalah 81% dan siklus II 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pemebelajaran kooperatif physic mysterious pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu khususnya materi fisika siswa kelas VIII PI II di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ash-Shiiddiqi Batang Hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran koomperatif physic mysterious, pendekatan pratikum, keterampilan proses sains
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 03 Aug 2020 04:50
Last Modified: 27 Jan 2021 04:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4382

Actions (login required)

View Item View Item