PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SIAWA DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH MAZNIYAH KOTA JAMBI

Irma Ayati, TM.161306 and Murtadlo MS, Ali and Wendra, Betri (2020) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SIAWA DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH MAZNIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Mazniyah Kota Jambi)
IRMA AYATI, TM.161306.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan antar variabel yaitu variabel (X) pengaruh kemampuan awal terhadap variabel (Y) hasil belajar matematika. Kemampuan awal yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan dasar matematika dari peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis regresi sederhana pada peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Mazniyah Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang peserta didik, diambil dengan cara total sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik tes berupa pilihan ganda. Analisiis data dilakukan dengan teknik korelasi product moment dan uji regresi linear sederhana yang terlebih dahulu menguji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan regresi linear sederhana diketahui model persamaan regresinya adalah kemudian diketahui sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kemampuan Awal, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:01
Last Modified: 05 Aug 2020 04:01
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item View Item